Menu Utama

Statistik Pengunjung
Hari ini : 82 Bulan ini : 104739
Statistik Data mulai 18-11-09
Monday, 28 Jul 2014 - 16:25

Apakah anda puas dengan pelayanan di instansi kami ?





Hunting
Jln. Pahlawan No. 26B
Pasuruan - Jawa Timur
Telp/Fax:(0343) 422574
SMS:081357698275
bpmppt@pasuruankota.go.id
[ Login Mail ]



Syarat & Prosedur Perijinan


A. IJIN
  • Informasi pada bidang Informasi Dan Pengaduan
  • Pengambilan formulir pada bidang Informasi Dan Pengaduan
  • Pengisian formulir permohonan dan kelengkapan persyaratan administrasi
  • Penyerahan berkas permohonan pada bidang Pelayanan
  • Registrasi permohonan dengan melampirkan blangko kendali pada berkas permohonan dan tanda terima permohonan
  • Penjelasan perijinan:
    • Untuk ijin yang tidak memerlukan penelitian lapangan, berkas permohonan diserahkan kepada Kasubid Administrasi untuk ditindaklanjuti proses penyelesaiannya
    • Untuk ijin yang memerlukan penelitian lapangan:
      • Berkas permohonan diserahkan kepada Kasubid Koordinasi Dan Penelitian Lapangan selaku Koordinator Penelitian Lapangan.
      • Petugas / Tim Teknis ( dari Instansi Terkait ) melakukan pemeriksaan dan peninjauan ke lokasi. Jadwal waktu penelitian lapangan diberitahukan kepada pemohon pada saat pendaftaran.
      • Hasil penelitian lapangan dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan dan ditandatangani oleh Petugas / Tim Teknis ( dari Instansi Terkait ).
      • Berdasarkan hasil penelitian lapangan Kasubid Koordinasi Dan Penelitian Lapangan mengadakan rapat koordinasi dengan Tim Teknis ( dari Instansi Terkait ).
      • Rapat koordinasi akan memutuskan:
        * Permohonan ditolak
        * Permohonan disetujui
      • Untuk ijin yang ada retribusinya oleh Kasubid Koordinasi Dan Penelitian Lapangan dibuatkan penetapan retribusi perijinannya.
      • Berkas Permohonan beserta Berita Acara Pemeriksaan dan penetapan retribusinya diserahkan ke Kasubid Administrasi.
  • Kasubid Administrasi membuat draft surat penolakan untuk permohonan yang ditolak sedang untuk permohonan yang disetujui dibuatkan draft penetapan ijin, sedangkan untuk ijin yang ada retribusinya dibuatkan Surat Ketetapan Retribusi Daerah ( SKRD )
  • Draft penolakan atau penetapan ijin dan Surat Ketetapan Retribusi Daerah ( SKRD ) setelah dicermati dan diparaf oleh Kepala Bidang Pelayanan kemudian disampaikan ke Kepala Badan untuk ditandatangani
  • Untuk surat penolakan setelah diagendakan dan dikirim kepada pemohon sedang untuk penetapan ijin dan SKRD yang telah ditandatangani diserahkan kepada Petugas Administrasi Pelayanan
  • Pemohon melakukan pembayaran di kas daerah melalui bendahara penerimaan pembantu pada Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu
  • Petugas menerima tanda bukti pembayaran dan melakukan register ijin yang telah ditandatangani
  • Pemohon mengisi survey kepuasan pelayanan
  • Petugas penyerahan dokumen menyerahkan tanda terima dan surat ijin
B. HER REGISTRASI
  • Pemohon mencari informasi pada bidang Informasi Dan Pengaduan
  • Pemohon mengisi formulir permohonan, pemohon mengajukan permohonan dan persyaratan yang diperlukan dan diserahkan di bidang Pelayanan
  • Setelah petugas pelayanan memeriksa berkas permohonan dan dinyatakan permohonan telah lengkap dan benar, maka dibuatkan tanda terima berkas permohonan
  • Petugas pelayanan mencatat data pemohon dan melampirkan blangko kendali pada berkas permohonan, kemudian diserahkan ke bidang Data Dan Pengembangan
  • Penjelasan perijinan:
    • Untuk ijin yang tidak memerlukan penelitian lapangan, permohonan her registrasi diserahkan kepada Kasubid Administrasi
    • Untuk ijin yang memerlukan penelitian lapangan:
      • Berkas permohonan diserahkan kepada Kasubid Koordinasi Dan Penelitian Lapangan.
      • Petugas / Tim Teknis ( dari Instansi Terkait ) melakukan pemeriksaan dan peninjauan ke lokasi. Jadwal waktu penelitian lapangan diberitahukan kepada pemohon pada saat pendaftaran.
      • Hasil penelitian lapangan dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan dan ditandatangani oleh Petugas / Tim Teknis ( dari Instansi Terkait ) dan pemohon
      • Berdasarkan hasil penelitian lapangan, maka:
        * Permohonan her registrasi ditolak apabila surat ijin tidak sesuai dengan kondisi yang ada
        * Permohonan her registrasi disetujui apabila surat ijin sesuai dengan kondisi yang ada
      • Berkas Permohonan beserta Berita Acara Pemeriksaan diserahkan ke Kasubid Koordinasi Dan Penelitian Lapangan
  • Kasubid Koordinasi Dan Penelitian Lapangan membuat draft surat penolakan untuk permohonan yang ditolak sedang untuk permohonan yang disetujui diberikan legalisir dan surat keputusan duplikat setelah dicermati dan diparaf oleh Kepala Bidang Pelayanan kemudian disampaikan ke Kepala Badan untuk ditandatangani.
  • Untuk surat penolakan setelah diagendakan dan dikirim kepada pemohon
  • Pemohon melakukan pembayaran di kas daerah melalui bendahara penerimaan pembantu pada Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu
  • Petugas menerima tanda bukti pembayaran dan melakukan register ijin yang telah ditandatangani
  • Pemohon mengisi survey kepuasan pelayanan
  • Petugas penyerahan dokumen menyerahkan tanda terima dan surat ijin
C. PENGADUAN
  • Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan lewat:
    • Surat, ditujukan kapada Kepala Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu
      Kota Pasuruan
    • Internet
      *     E-MAIL                        :     ijin.kopas@gmail.com
      *     Hotline SMS Nomor       :     …………………………
    • Lisan, langsung ke Bidang Informasi Dan Pengaduan Pada Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan atau telepon pada nomor (0343) 422 754
  • Pengaduan melalui surat, internet, lisan atau telepon dicatat oleh Kasubid Pengaduan
  • Pengaduan tersebut di atas kemudian disampaikan ke Kepala Badan untuk dimintakan disposisi
  • Pengaduan yang bisa diselesaikan oleh bidang Informasi Dan Pengaduan langsung ditanggapi. Sedang pengaduan yang memerlukan kajian oleh bidang Informasi Dan Pengaduan diadakan rapat koordinasi dan peninjauan lokasi ( apabila memerlukan penelitian lapangan )
  • Hasil kajian oleh Kasi Pengaduan dibuatkan draft jawaban dan setelah dicermati dan diparaf oleh Kepala Bidang Informasi Dan Pengaduan kemudian disampaikan ke Kepala Badan untuk ditandatangani
  • Surat jawaban setelah diagendakan kemudian dikirim kepada pemohon. Sedangkan pengaduan lewat internet jawabannya melalui internet
  • Pengaduan yang berkaitan dengan kinerja pelayanan BPM&PPT diarahkan ke bidang Data Dan Pengembangan
GAMBAR
ALUR MEKANISME PERIJINAN


SYARAT - SYARAT PERIJINAN

a. IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN ( IMB )
1. Dasar Hukum:
a.         Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 12 Th. 2000
b.         Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 6 Th. 2005
c.         Peraturan Walikota Pasuruan No. 4 Th. 2006
d.         Keputusan Walikotamadya KDH Tk. II No. 69 Th. 1996
e.         Keputusan Walikota Pasuruan No. 143/126/423.012/06

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan IMB:
REGULER:
― Permohonan bermaterai, mengetahui Lurah dan Camat
― Foto copy sertifikat tanah yang dilegalisir oleh Kantor Pertanahan atau Notaris
― Foto copy KTP yang masih berlaku
― Foto copy lunas PBB tahun berjalan
― Gambar bangunan
― Perhitungan konstruksi untuk bangunan bertingkat
― Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga sekitarnya khusus bangunan bertingkat
― Surat pernyataan bahwa tanah yang akan didirikan bangunan tidak dalam sengketa, mengetahui Lurah dan Camat
― Surat perjanjian izin pemanfaatan tanah antara pemilik tanah atau pemegang hak atas tanah dengan pemilik
    gedung, bermaterai, dan mengetahui Lurah serta Camat
― Surat pernyataan garis sempadan

PEMUTIHAN:
Persyaratan/Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan / ijin IMB:
― Permohonan bermaterai, mengetahui Lurah dan Camat
― Foto copy sertifikat tanah yang dilegalisir oleh Kantor Pertanahan atau Notaris
― Foto copy KTP yang masih berlaku
― Foto copy lunas PBB tahun berjalan
― Gambar bangunan
― Perhitungan konstruksi untuk bangunan bertingkat
― Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga sekitarnya khusus bangunan bertingkat
― Surat pernyataan bahwa tanah yang akan didirikan bangunan tidak dalam sengketa, mengetahui Lurah dan Camat
― Surat perjanjian izin pemanfaatan tanah antara pemilik tanah atau pemegang hak atas tanah dengan pemilik gedung,
    bermaterai, dan mengetahui Lurah serta Camat
― Surat pernyataan umur bangunan

3. BIAYA
Besarnya tarip retribusi Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ) sebagai berikut:

No
Jenis Bangunan
Nilai Bangunan
Indeks(%) thd Kelas Jalan
I
Bangunan Pasangan Tembok
m3
Kelas A
Kelas B
Kelas C
1
Rumah Tangga (RSS)
725.000,-
1
0.75
0.50
2
Perkantoran
850.000,-
1
0.75
0.50
3
Garasi/Bengkel
850.000,-
1
0.75
0.50
4
Perkantoran
850.000,-
1
0.75
0.50
5
Perkantoran
825.000,-
1
0.75
0.50
           
II
Bangunan Konstruksi Beton Bertulang Tidak Bertingkat
       
1
Rumah Tangga (RS)
750.000,-
1
0.75
0.50
2
Rumah Tangga (Semi Lux)
850.000,-
1
0.75
0.50
3
Rumah Tangga (Lux)
1.000.000,-
1
0.75
0.50
4
Perkantoran
1.000.000,-
1
0.75
0.50
5
Garasi/Bengkel
950.000,-
1
0.75
0.50
6
Pertokoan
950.000,-
1
0.75
0.50
7
Gudang / Los Kerja
925.000,-
1
0.75
0.50
8
Perusahaan Kecil
950.000,-
1
0.75
0.50
9
Perindustrian
1.000.000,-
1
0.75
0.50
           
III
Bangunan Konstruksi Beton Bertulan Bertingkat (2 Lantai)
       
1
Rumah Tangga (RS)
850.000,-
1
0.75
0.50
2
Rumah Tangga (Semi Lux)
950.000,-
1
0.75
0.50
3
Rumah Tangga (Lux)
1.125.000,-
1
0.75
0.50
4
Perkantoran
1.125.000,-
1
0.75
0.50
5
Garasi/Bengkel
1.070.000,-
1
0.75
0.50
6
Pertokoan
1.070.000,-
1
0.75
0.50
7
Gudang / Los Kerja
1.040.000,-
1
0.75
0.50
8
Perusahaan Kecil
1.070.000,-
1
0.75
0.50
9
Perindustrian
1.125.000,-
1
0.75
0.50
           
IV
Bangunan Konstruksi Beton Bertulang Bertingkat ( Tiga Lantai dan Seterusnya )
       
1
Rumah Tangga (Semi Lux)

Masing-masing
bangunan setiap
lantainya naik 15%
dari lantai
di bawahnya

1
0.75
0.50
2
Rumah Tangga (Lux)
1
0.75
0.50
3
Perkantoran
1
0.75
0.50
4
Garasi/Bengkel
1
0.75
0.50
5
Pertokoan
1
0.75
0.50
6
Gudang / Los Kerja
1
0.75
0.50
7
Perusahaan Kecil
1
0.75
0.50
8
Perindustrian
1
0.75
0.50
           
V
Rehabilitasi Bangunan Ringan (x30%)
       
1
Rumah Tangga

Nilai bangunan
disesuaikan
dengan jenis
bangunan pada
angka romawi I dan
seterusnya

1
0.75
0.50
2
Perkantoran
1
0.75
0.50
3
Garasi/Bengkel
1
0.75
0.50
4
Pertokoan
1
0.75
0.50
5
Gudang / Los Kerja
1
0.75
0.50
6
Perusahaan Kecil
1
0.75
0.50
7
Perindustrian
1
0.75
0.50
           
VI
Rehabilitasi Bangunan Ringan (x45%)
       
1
Rumah Tangga

Nilai bangunan
disesuaikan
dengan jenis
bangunan pada
angka romawi I dan
seterusnya

1
0.75
0.50
2
Perkantoran
1
0.75
0.50
3
Garasi/Bengkel
1
0.75
0.50
4
Pertokoan
1
0.75
0.50
5
Gudang / Los Kerja
1
0.75
0.50
6
Perusahaan Kecil
1
0.75
0.50
7
Perindustrian
1
0.75
0.50
           
VII
Rehabilitasi Bangunan Ringan (x65%)
       
1
Rumah Tangga

Nilai bangunan
disesuaikan
dengan jenis
bangunan pada
angka romawi I dan
seterusnya

1
0.75
0.50
2
Perkantoran
1
0.75
0.50
3
Garasi/Bengkel
1
0.75
0.50
4
Pertokoan
1
0.75
0.50
5
Gudang / Los Kerja
1
0.75
0.50
6
Perusahaan Kecil
1
0.75
0.50
7
Perindustrian
1
0.75
0.50
           
VIII
Bangunan Kolam
       
1
0 s/d 50 m3
550.000,-
 
0.5
 
2
51 s/d 200 m3
550.000,-
 
1
 
3
>= 201m3
550.000,-
 
2
 
           
IX
Bangunan Tower
       
1
Bersepander tinggi 0 s/d 20 m
2.860.000,-
 
0.5
 
2
Tidak bersepander tinggi 0 s/d   80 m
4.225.000,-
 
1
 
3
Tidak bersepander tinggi 81 m   ke atas
4.225.000,-
 
2
 
           
IX
Plat Tanda Bukti Kepemilikan IMB
20.000,-
20.000,-
20.000,-
20.000,-

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian selama 14 ( Empat Belas ) Hari Kerja.

5. PENOMORAN
A . Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun

B . Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat
sebagai berikut:

Kode Perijinan / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Kode Jenis Ijin / Kode Badan / Tahun Penerbitan

 b. IJIN GANGGUAN
1. Dasar Hukum:
a.Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 12 Th. 2000
b.Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 13 Th. 2008
c.Peraturan Walikota Pasuruan No. 41 Th. 2000 

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan Ijin Gangguan:
REGULER:
1.Mengisi blangko permohonan bermaterai @ Rp. 6.000,- yang diketahui oleh Kelurahan dan Kecamatan
2.Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3.Foto copy Sertifikat/Bukti Kepemilikan Tanah
4.Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga
5.Surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah (bila tanah bukan miliknya sendiri)
6.Foto copy Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
7.Foto copy bukti pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun berjalan
8.Gambar perusahaan
9.Peta lokasi
10.UKL & UPL (khusus untuk kegiatan usaha industri dan usaha-usaha nonindustri yang diwajibkan)
11.Daftar peralatan yang digunakan

HER REGISTRASI:
1.Mengisi blangko permohonan bermaterai @ Rp. 6.000,- yang diketahui oleh Kelurahan dan Kecamatan
2.Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3.Foto copy SK Walikota Pasuruan Izin Gangguan yang lama
4.Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga (bagi perubahan jenis usaha)
5.Foto copy bukti pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun berjalan
6.Surat Pernyataan Pelimpahan (bagi pengajuan balik nama)
7.Gambar perusahaan
8.Daftar peralatan yang digunakan

3. BIAYA
Besarnya tarip retribusi Ijin Gangguan sebagai berikut:
1.Indeks Lokasi dan Indeks Gangguan sebagai berikut:
a.Indeks Lokasi Industri:
―Kawasan Industri                                  indeks … 1;
―Kawasan Perdagangan                          indeks … 2;
―Kawasan Pariwisata                              indeks … 3;
―Kawasan Pertanian                               indeks … 4;
―Kawasan Perumahan dan Pemukiman    indeks … 5.

b.Indeks Lokasi Bukan Industri / Usaha Jasa:
―Kawasan Perumahan dan Pemukiman    indeks … 1;
―Kawasan Perdagangan                          indeks … 2;
―Kawasan Pariwisata                              indeks … 3;
―Kawasan Pertanian                               indeks … 4;
―Kawasan Industri                                  indeks … 5.

c.Indeks Gangguan bagi kegiatan usaha yang menggunakan kekuatan mesin ditetapkan:
―  ≤ 5 PK                                                indeks … 1;
―  > 5 PK s/d 25 PK                                  indeks … 2;
―  > 25 PK s/d 50 PK                                indeks … 3;
―  > 50 PK s/d 150 PK                              indeks … 4;
―   > 150 PK                                            indeks … 5.

d.Indeks Gangguan bagi kegiatan usaha yang tidak menggunakan kekuatan mesin ditetapkan dengan tingkat gangguan sebagai berikut:
― Sangat Ringan                                       indeks … 1;
― Ringan                                                  indeks … 2;
― Sedang                                                 indeks … 3;
― Berat                                                    indeks … 4;
― Sangat Berat                                         indeks … 5.

2.Tarip Retribusi sebagai berikut:
a.Luas < 100 m2                                                   Rp. 50.000,-
b.Luas 100 m2 s/d 250 m2                                     Rp. 75.000,-
c.Luas 251 m2 s/d 500 m2                                     Rp. 100.000,-
d.Luas 501 m2 s/d 1.000 m2                                  Rp. 150.000,-
e.Luas 1.001 m2 s/d 2.500 m2                               Rp. 200.000,-
f. Luas 2.501 m2 s/d 5.000 m2                               Rp. 300.000,-
g.Luas 5.001 m2 s/d 7.500 m2                               Rp. 400.000,-
h.Luas 7.501 m2 s/d 10.000 m2                             Rp, 500.000,-
i. Luas > 10.000 m2                                              Rp. 600.000,-

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian selama 14 ( Empat Belas ) Hari Kerja

5. PENOMORAN
A. Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun

B. Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Kode Perijinan / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Kode Jenis Ijin / Kode Badan / Tahun Penerbitan

c. IJIN USAHA PERDAGANGAN ( S I U P )
1. Dasar Hukum:
Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 05 Th. 2005

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan Ijin Usaha Perdagangan:
1. Akte pendirian/perubahan perusahaan berbentuk PT / Koperasi (berbadan hukum)
2. Fofo copy Surat Keputusan Pengesahan Perusahaan berbentuk PT / Koperasi
3. Akte Pendirian Perusahaan Yang Telah Didaftarkan Di PN (Perusahaan Diluar PT / Koperasi)
4. Foto copy KTP dan KSK
5. Keterangan domisili perusahaan dan kelurahan (asli)
6. Foto copy NPWP
7. Foto copy Bukti Kepemilikan Tempat Usaha
8. Neraca awal perusahaan
9. Fofo copy SITU dari pemda bagi kegiatan perusahaan yang dipersyaratkan berdasarkan UU gangguan

3. BIAYA
Tanpa Retribusi

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian selama 6 ( Enam ) Hari Kerja

5. PENOMORAN
A. Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun

B. Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Kode Perijinan / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Kode Jenis Ijin / Kode Badan / Tahun Penerbitan

d. IJIN PEMASANGAN REKLAME
1. Dasar Hukum:
a. Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 5 Th. 1998
b. Peraturan Walikota Pasuruan No. 07 Th. 2007
c.  Peraturan Walikota Pasuruan No. 22 Th. 2007

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan Ijin Pemasangan Reklame:
REGULER:
1. Foto copy KTP
2. Denah lokasi
3. Gambar dan konstruksi reklame
4. Surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah ( bila menggunakan tanah warga )
5. Perjanjian sewa dengan pemilik tanah
6. Foto copy sertifikat / bukti kepemilikan tanah
7. Foto copy Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ) untuk space reklame ≥ 15 m2

PERPANJANGAN:
1.Foto copy KTP
2.Denah lokasi
3.Gambar reklame
4.Foto copy Surat Ijin Pemasangan Reklame Lama

3. BIAYA
Besarnya Pajak Reklame sebagai berikut:
Pemohon membayar ke kas daerah melalui kantor Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah.

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian:

  • Reklame Insidentil                    : 1 Hari Kerja
  • Reklame Tetap (Baru)               : 6 Hari Kerja
  • Reklame Tetap (Perpanjangan)  : 1 Hari Kerja

5. PENOMORAN
A. Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun

B. Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Kode Perijinan / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Kode Jenis Ijin / Kode Badan / Tahun Penerbitan

e. IJIN USAHA INDUSTRI ( IUI / TDI )
1. Dasar Hukum:
Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 5 Th. 2005

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan Ijin Usaha Industri:
1. Akte pendirian/perubahan perusahaan berbentuk PT / Koperasi (berbadan hukum)
2. Foto copy Surat Keputusan Pengesahan Perusahaan Berbentuk PT / Koperasi
3. Akte Pendirian Perusahaan Yang Telah Didaftarkan Di PN (Perusahaan Diluar PT / Koperasi)
4. Foto copy KTP dan KSK
5. Keterangan domisili perusahaan dan kelurahan (asli)
6. Foto copy NPWP
7. Foto copy Bukti Kepemilikan Tempat Usaha
8. Neraca awal perusahaan
9. Foto copy SITU dari pemda bagi kegiatan perusahaan yang dipersyaratkan berdasarkan UU gangguan
10.Foto copy SIUP – KTP – TDP lama (asli)
11.Daftar peralatan, bahan baku yang digunakan, dan kapasitas produksi

3. BIAYA
Tanpa Retribusi

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian selama 14 ( Empat Belas ) Hari Kerja

5. PENOMORAN
A. Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun

B. Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Kode Perijinan / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Kode Jenis Ijin / Kode Badan / Tahun Penerbitan

f. IJIN USAHA JASA KONSTRUKSI ( I U J K )
1. Dasar Hukum:
Peraturan Daerah Kota Pas. No. 16 Th. 2002

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan Ijin Usaha Jasa Konstruksi:
REGULER:
1. Surat Permohonan IUJK
2. Foto copy Akte Perusahaan
3. Foto copy Surat Badan Usaha (SBU) yang berlaku dilegalisir
4. Foto copy NPWP
5. Foto copy Tanda Anggota Asosiasi (KTA)
6. Foto copy Surat Keterangan Domisili Perusahaan / Alamat Kantor dan Kelurahan
7. Foto copy Ijasah Direktur dan KTP
8. Pas photo 3x4 sebanyak 3 lembar (berwarna)
9. Daftar Pengurus Perusahaan
10. Foto copy Ijasah Pengurus Perusahaan
11. Papan Nama Perusahaan (difoto)
12. Perlengkapan Kantor (difoto)
13. Denah Lokasi Kantor

HER REGISTRASI:
1.Surat Permohonan IUJK
2.Foto copy IUJK & aslinya
3.Foto copy Surat Badan Usaha (SBU) yang berlaku dilegalisir
4.Foto copy Tanda Anggota Asosiasi (KTA)

3. BIAYA
Besarnya tarip retribusi Ijin Usaha Jasa Konstruksi sebagai berikut:

NO
JENIS USAHA
TINGKAT
KETENTUAN
RETRIBUSI (Rp.)
BARU
HER
I.

Jasa Pemborongan
( Kontraktor )

K2
Grade 2
s/d 400 juta
200.000,-
100.000,-
K1
Grade 3
400 juta s/d 1 milyar
250.000,-
125.000,-
M
Grade 4
1 milyar s/d 10 milyar
300.000,-
150.000,-
B
Grade 5
> 10 milyar
350.000,-
175.000,-
           
II.

Jasa Konsultasi
(Perencanaan / Pengawasan)

K
s/d 200 juta
250.000,-
125.000,-
B
200 juta s/d 1 milyar
300.000,-
150.000,-
M
> 1 milyar
350.000,-
175.000,-

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian selama 14 ( Empat Belas ) Hari Kerja

5. PENOMORAN
A. Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun

B. Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Kode Negara / Kode SBU / Kode Kota / Kode Jasa (…) / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Tahun Penerbitan

g. IJIN PENGERINGAN
1. Dasar Hukum:
Peraturan Walikota Pasuruan No. 18 Th. 2006

2. Persyaratan / Kelengkapan Administrasi untuk permohonan pengesahan Ijin Pengeringan:
REGULER:
1. Permohonan bermaterai, mengetahui Lurah dan Camat
2. Foto copy Surat Tanda Penduduk
3. Foto copy Bukti Hak Pemilikan Tanah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
4. Foto copy Ijin Lokasi dari Walikota Pasuruan
5. Surat Rekomendasi Peil Banjir
6. Site Plan Denah Lokasi dan Gambar Situasi / Kasar
7. Surat Pernyataan Tidak Mendirikan Bangunan

3. BIAYA
Besarnya tarip retribusi Ijin Pengeringan sebagai berikut: Rp. 100,- / m2

4. WAKTU PENYELESAIAN
Apabila persyaratan lengkap dan benar waktu penyelesaian selama 14 ( Empat Belas ) Hari Kerja

5. PENOMORAN
A. Pendaftaran
Penomoran pendaftaran yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Nomor Urut Pendaftaran / Jenis Ijin – Kode Jenis Ijin / Jenis Permohonan / Bulan / Tahun 

B. Ijin
Penomoran ijin yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pasuruan dibuat sebagai berikut:

Kode Perijinan / Nomor Urut Registrasi per-Ijin / Kode Jenis Ijin / Kode Badan / Tahun Penerbitan